Jumat, 16 Oktober 2009

Apa yang dimaksud dengan teknologi komputer?
Teknologi adalah suatu perkembangan yang diciptakan untuk menggantikan kesulitan menjadi sesuatu mudah serta teknologi perkembangan sangat berperan penuh pada kehidupan manusia

Komputer adalah perangkat lunak yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

sehingga teknologi komputer adalah sesuatu yang diciptakan untuk kepentingan dalam pengolahan data sehingga teknologi yang dmaksud adaah perkembanga yang mana suatu sistem terdahulu di gantingan dengan sistem baru sehingga memudahkan user dalam menggunakannya serta apapun teknologi komputer tidak hanya tertuju hanya pada software dan hardware sehinga pastinya keduanya saling sinzcronize..

Apa yang dimaksud dengan hardware?
hardware adalah perangkat keras yang tersusun membentuk komputer, dapat di raba dan juga dapat dilihat.
HARDWARE (perangkat keras) : PC dilengkapi sejumlah komponen penting; yakni:



· Memory: Memori komputer berada dalam kerangka tempat penyimpanan bagian dalam dan ruang kerjanya. Memori yang paling penting adalah random access memory (RAM). Program dan data yang dihasilkan selama waktu kerja di simpan dalam RAM, termasuk sebuah kata, program pengolahan dan hasil ketikan. RAM juga disebut tempat menyimpan sementara, sehingga data yang ada bila tidak lebih dulu disimpan di sistem penyimpan permanen, akan hilang ketika komputer dimatikan.



· Central Processor Unit (CPU): CPU adalah otaknya komputer yang menentukan jenis software komputer yang bisa dijalankan dan mempengaruhi kecepatan rata-rata pengolahan data komputer. Faktor performa tambahan lainnya termasuk sistem penyimpanan komputer, bus speed, dan kegunaan pemercepat grafik serta sistem alat bantu lainnya.





· Expansion Boards (slot perluasan fungsi) : Beberapa komputer dirancang dengan tempat-tempat berbetuk celah (slots) yang dapat memuat beragam jenis kartu (cards) untuk menambah kinerja maupun untuk memunculkan tampilan komputer. Jenis cards ini beragam mulai dari kartu grafik, kartu suara, sampai pada modem[1] dan komponen peng-edit video. Untuk komputer jinjing, biasanya jenis slot perluasan guna ini bernama PCMCIA. Slot ini biasanya dimasukkan PC card sebesar kartu kredit untuk mendukung penyampaian data dan kerja lainnya.



· Data Storage (Penyimpanan Data): sistem yang berbeda dapat digunakan untuk menyimpan data sekali kkomputer dimatikan. jenis yang lazim biasanya adalah floppy, harddisk, dan removable disk drive dengan menggunakan dasar magnet. Floppy digunakan pertama kali sebagai perantara data untuk disematkan di PC, namun sekarang fungsinya sudah digantikan CD-ROM. Sekarang ini yang umumnya dipakai sebagai sistem penyimpanan populer adalah Harddrive[2] dan bahkan bisa menyimpan sampai beratus-ratus gigabita data untuk disimpan maupun ditarik secara cepat. Sementara itu, removable ststem berfungsi layaknya floppy, yang bisa dicabut setelah diisi data, namun dengan kecepatan mengakses data yang banyak dengan cepat.



· Monitor: adalah komponen display komputer dengan standar berbeda-beda. Hal ini bisa berupa VGA dengan standar resolusi 640x 480 dan Super VGA dengan standar resolusi 800 x 600 lebih. Salah satu perkembangan inti dari pasar PC adalah tingkat kemajuan teknologi displaynya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamana konsumen. Display saat ini diperkuat dengan menambahkan kartu grafik.pada PC. Standar grafik PC seakrang adalah 24 bit yang bisa menampilkan jutaan warna dan mampu menampilkan ”gambar hidup” seperti foto. Monitor yang sedang populer di pasar sekarang adalah LCD yang ringan dan tidak memakan tempat, menggantikan monitor CRT yang besar sperti kotak TV.





MICROCOMPUTER: adalah komputer digital yang berbasis microprocessor dan dirancang untuk digunakan sekaligus oleh perorangan.



· Portable Personal Computer (PC Jinjing): merupakan komputer kecil yang dirancang untuk beroperasi menggunakan tenaga baterai (Notebook). Jenis termuktahir PC jinjing dilengkapi dengan display warna berkualitas tinggi, modem internal, koneksi jaringan internet, kemampuan suara tinggi, dan drive optik (CD-ROM / DVD-ROM). Biasanya perkembangan PC jinjing adalah dengan semakin kecil ukuran dengan kemampuan yang juga semakin kuat.



· Human-Computer Interface (antarmuka manusia-komputer): bisa berarti cara manusia mengendalikan / menggunakan komputer. Pada satu tingkat, antarmuka bisa berarti perangkat keras berbentuk alat yang kita gunakan. Di tingkat lainnya, software (perangkat lunak) lah yang memfasilitasi antarmuka manusia komputer, contohnya adalah sistem operasi yang menyediakan link dasar. Perangkat keras yang digunakan di antaranya yang paling dikenal adalah;

o keyboard (papan ketik), yaitu papan berisi huruf, angka dan sebagian tanda baca,

o mouse (tetikus), benda kecil tersambung dengan komputer untuk menunjuk dan memilih,

o Webcam, untuk menangkap gambar bergerak pengguna,

o graphics tablet (”buku gambar”), landasan biasa berbentuk kotak untuk digambar tersambung dengan pena elektronik,

o touchpad (landas sentuh), berfungsi sperti mouse hanya saja bisa menggunakan jari,

o touchscreen (layar sentuh), sperti touchpad hanya saja menggunakan monitor langsung,

o pen metaphor, pena tersambung ke PC yang digunakan dengan cara menulis diatas bidang datar, hanya saja ”tinta” yg ditinggalkan akan tergambar di monitor komputer –bukan di


Apakah yang dimaksud dengan software?
Software (perangkat lunak) adalah adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar