Jumat, 16 Oktober 2009

Apa yang dimaksud dengan teknologi komputer?
Teknologi adalah suatu perkembangan yang diciptakan untuk menggantikan kesulitan menjadi sesuatu mudah serta teknologi perkembangan sangat berperan penuh pada kehidupan manusia

Komputer adalah perangkat lunak yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

sehingga teknologi komputer adalah sesuatu yang diciptakan untuk kepentingan dalam pengolahan data sehingga teknologi yang dmaksud adaah perkembanga yang mana suatu sistem terdahulu di gantingan dengan sistem baru sehingga memudahkan user dalam menggunakannya serta apapun teknologi komputer tidak hanya tertuju hanya pada software dan hardware sehinga pastinya keduanya saling sinzcronize..

Apa yang dimaksud dengan hardware?
hardware adalah perangkat keras yang tersusun membentuk komputer, dapat di raba dan juga dapat dilihat.
HARDWARE (perangkat keras) : PC dilengkapi sejumlah komponen penting; yakni:



· Memory: Memori komputer berada dalam kerangka tempat penyimpanan bagian dalam dan ruang kerjanya. Memori yang paling penting adalah random access memory (RAM). Program dan data yang dihasilkan selama waktu kerja di simpan dalam RAM, termasuk sebuah kata, program pengolahan dan hasil ketikan. RAM juga disebut tempat menyimpan sementara, sehingga data yang ada bila tidak lebih dulu disimpan di sistem penyimpan permanen, akan hilang ketika komputer dimatikan.



· Central Processor Unit (CPU): CPU adalah otaknya komputer yang menentukan jenis software komputer yang bisa dijalankan dan mempengaruhi kecepatan rata-rata pengolahan data komputer. Faktor performa tambahan lainnya termasuk sistem penyimpanan komputer, bus speed, dan kegunaan pemercepat grafik serta sistem alat bantu lainnya.





· Expansion Boards (slot perluasan fungsi) : Beberapa komputer dirancang dengan tempat-tempat berbetuk celah (slots) yang dapat memuat beragam jenis kartu (cards) untuk menambah kinerja maupun untuk memunculkan tampilan komputer. Jenis cards ini beragam mulai dari kartu grafik, kartu suara, sampai pada modem[1] dan komponen peng-edit video. Untuk komputer jinjing, biasanya jenis slot perluasan guna ini bernama PCMCIA. Slot ini biasanya dimasukkan PC card sebesar kartu kredit untuk mendukung penyampaian data dan kerja lainnya.



· Data Storage (Penyimpanan Data): sistem yang berbeda dapat digunakan untuk menyimpan data sekali kkomputer dimatikan. jenis yang lazim biasanya adalah floppy, harddisk, dan removable disk drive dengan menggunakan dasar magnet. Floppy digunakan pertama kali sebagai perantara data untuk disematkan di PC, namun sekarang fungsinya sudah digantikan CD-ROM. Sekarang ini yang umumnya dipakai sebagai sistem penyimpanan populer adalah Harddrive[2] dan bahkan bisa menyimpan sampai beratus-ratus gigabita data untuk disimpan maupun ditarik secara cepat. Sementara itu, removable ststem berfungsi layaknya floppy, yang bisa dicabut setelah diisi data, namun dengan kecepatan mengakses data yang banyak dengan cepat.



· Monitor: adalah komponen display komputer dengan standar berbeda-beda. Hal ini bisa berupa VGA dengan standar resolusi 640x 480 dan Super VGA dengan standar resolusi 800 x 600 lebih. Salah satu perkembangan inti dari pasar PC adalah tingkat kemajuan teknologi displaynya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamana konsumen. Display saat ini diperkuat dengan menambahkan kartu grafik.pada PC. Standar grafik PC seakrang adalah 24 bit yang bisa menampilkan jutaan warna dan mampu menampilkan ”gambar hidup” seperti foto. Monitor yang sedang populer di pasar sekarang adalah LCD yang ringan dan tidak memakan tempat, menggantikan monitor CRT yang besar sperti kotak TV.





MICROCOMPUTER: adalah komputer digital yang berbasis microprocessor dan dirancang untuk digunakan sekaligus oleh perorangan.



· Portable Personal Computer (PC Jinjing): merupakan komputer kecil yang dirancang untuk beroperasi menggunakan tenaga baterai (Notebook). Jenis termuktahir PC jinjing dilengkapi dengan display warna berkualitas tinggi, modem internal, koneksi jaringan internet, kemampuan suara tinggi, dan drive optik (CD-ROM / DVD-ROM). Biasanya perkembangan PC jinjing adalah dengan semakin kecil ukuran dengan kemampuan yang juga semakin kuat.



· Human-Computer Interface (antarmuka manusia-komputer): bisa berarti cara manusia mengendalikan / menggunakan komputer. Pada satu tingkat, antarmuka bisa berarti perangkat keras berbentuk alat yang kita gunakan. Di tingkat lainnya, software (perangkat lunak) lah yang memfasilitasi antarmuka manusia komputer, contohnya adalah sistem operasi yang menyediakan link dasar. Perangkat keras yang digunakan di antaranya yang paling dikenal adalah;

o keyboard (papan ketik), yaitu papan berisi huruf, angka dan sebagian tanda baca,

o mouse (tetikus), benda kecil tersambung dengan komputer untuk menunjuk dan memilih,

o Webcam, untuk menangkap gambar bergerak pengguna,

o graphics tablet (”buku gambar”), landasan biasa berbentuk kotak untuk digambar tersambung dengan pena elektronik,

o touchpad (landas sentuh), berfungsi sperti mouse hanya saja bisa menggunakan jari,

o touchscreen (layar sentuh), sperti touchpad hanya saja menggunakan monitor langsung,

o pen metaphor, pena tersambung ke PC yang digunakan dengan cara menulis diatas bidang datar, hanya saja ”tinta” yg ditinggalkan akan tergambar di monitor komputer –bukan di


Apakah yang dimaksud dengan software?
Software (perangkat lunak) adalah adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

teknik informatika

TEKNIK INFORMATIKA

Apa yang dimaksud dengan informatika?
Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari komputer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia.

Mengapa sih informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
Karena informatika menggunakan software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (penggunaannya). Untuk memecahkan suatu masalah, maka penggunaannya dapat difokuskan pada satu, dua, ataupun ketiga faktor yang ada di atas. Masalah yang dimaksud disini adalah masalah yang apabila dipecahkan dengan pendekatan informatika akan memudahkan kehidupan manusia.

Dari mana sih asal kata informatika?
Informatika berasal dari dua kata, yaitu informasi dan matematika. Mengapa infomasi dan matematika? Karena matematika digunakan untuk mengolah informasi, sehingga infomasi tersebut berguna untuk manusia.

Ilmu apa sih yang menjadi inti dari informatika?

Inti dari informatika adalah algoritma. Begitu pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli algoritma bisa dikatakan sebagai orang yang telah menguasai informatika, dan sebaliknya bagi orang yang tidak menguasai algoritma berarti belum bisa dikatakan sudah menguasai informatika. Meskipun algoritma adalah dasar dari informatika, tetapi untuk mempelajari ilmu selanjutnya, algoritma akan sangat berperan didalamnya.

O…, Jadi inti dari Informatika itu algoritma yah!? Algoritma itu apa sih?
Algoritma ialah suatu prosedur langkah-langkah logis untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu jumlah langkah-langkah yang terhingga. Algoritma sering meliputi pengulangan langkah-langkah dasar operasi yang sama. Contohnya, orang yang menggunakan telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum tersebut, maka orang harus mengikuti langkah-langkah seperti ini:
(1) angkat telepon
(2) masukkan koin
(3) tekan nomor yang akan dihubungi
(4) bicara
(5) letakkan gagang telepon

Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.

Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?

Tanggung jawab dari seorang ahli informatika adalah memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat menghemat sumber daya.

Trus, apa tugas utamanya?
Tugas utamanya adalah membangun sebuah sistem perangkat lunak maupun perangkat keras yang mampu meningkatkan kinerja maupun meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Dalam hal ini disebutkan menimimalisir karena menghilangkan suatu masalah secara total adalah sesuatu yang mustahil, maka hanya dapat diminimalisir.

Apa sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
Setelah menjadi ahli informatika kita akan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan menarik untuk dipecahkan. Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang tentu saja dalam berkomunikasi antar cabang menjadi sangat sulit apabila antar cabang tersebut tidak saling on-line. Apalagi, apabila perusahaan tersebut masih paper-based atau segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan kertas. Untuk surat-menyurat saja diperlukan kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu dan biaya yang besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal ini dapat dipecahkan dengan membangun jaringan telekomunikasi antar cabang. Misalnya, berkirim surat tidak harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa dengan menggunakan email. Demikian pula dengan kondisi masing-masing kantor cabang akan dapat dimonitor secara terus-menerus dan kontinu.

Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
Pemprograman web, sistem informasi, kecerdasan buatan (artificial intellegent), jaringan komputer, dan telekomunikasi.

Gimana gambaran untuk bidang pemprograman web?
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan web dan perawatannya. Biasanya orang yang menguasai atau ahli dalam pemprograman web disebut dengan web master. Web master mempunyai tanggung jawab sekaligus hal yang akan dipelajari dalam pemprograman web, yaitu mendesain sebuah situs yang nyaman dikunjungi, memudahkan dalam pencarian informasi di dalamnya, dan memberikan manfaat di dalamnya.

Gimana sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna sekaligus meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kinerja pengguna pada tingkatan individual dan perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi. Sistem informasi yang berbasis komputer mempunyai tugas menggantikan perkejaan yang apabila dilakukan secara manual dapat memakan waktu yang lama dan mempunyai tingkat kesalahan yang tinggi. Sistem informasi juga digunakan untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya masih berbasis pena dan kertas agar dapat menghemat tempat penyimpanan sekaligus biaya yang akan dikeluarkan dapat ditekan seminimal mungkin. Orang yang ahli dalam sistem informasi disebut sistem analisis.

Dalam informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
Kecerdasaan buatan pada intinya adalah mengembangkan suatu komputer, sehingga dapat berpikir dan memecahkan masalah sesuai dengan pikiran manusia. Kecerdasaan buatan lebih mengarah pada riset pendidikan karena berkutat pada tataran teoritis dan mungkin masih mahal untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya, pembuatan sebuah komputer berukuran mikro yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Apa sih yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
Jaringan komputer dan telekomunikasi itu menekankan pada keamanan jaringan komputer dan juga telekomunikasi antar jaringan komputer.

Apa manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?
Dengan mempelajarinya kamu diharapkan dapat membangun jaringan antar komputer, sehingga memudahkan komunikasi antarpengguna sekaligus mengamankan jaringan tersebut agar tidak bisa dimasuki oleh orang yang tidak berwenang.

Gelar yang disandang sebagai lulusan teknik informatika?
Setelah lulus dari jurusan ini, gelar yang diperoleh adalah sarjana teknik (S.T) atau sarjana komputer (S.Kom). Gelar yang dipilih tergantung pada perguruan tinggi yang memberikannya.

Kemampuan Penunjang

Suka Mengutak-atik Komputer
Suka Matematika dan Fisika
Suka Membaca
Kemampuan Bahasa Inggris

Perkembangan Ilmu
Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan adanya teknik informatika. Sejarah komputer bisa kita runut kembali dari 3000 SM. Pada saat itu alat menghitung sudah ada di Cina, yaitu sebuah sempoa yang tebuat dari kayu dan butiran-butiran. Kemudian, pada tahun 1623 seorang ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Schikard menciptakan mesin hitung yang bisa, menambah, membagi, mengurang, dan mengkali. Tetapi mesin penghitung otomatis pertama dibuat oleh Braise Pascal dari Perancis pada tahun 1642. Pada awal abad 19 Joseph Marie Jacquard menumukan punch card pertama yang pada saat itu digunakan pada industri tekstil. Tahun 1842 Ada Lovelace membuat sebuah set instruksi yang menjadi pelopor bahasa pemprograman modern, dengan penemuan ini, Ada dinobatkan menjadi programmer komputer pertama.

Pada awal abad 20 Herman Hollerith dari Amerika menggunakan ide yang hampir sama dengan Jacquard, yaitu sebuah mesin yang membuat dan membaca puch card. Alat ini digunakan pada sensus Amerika dan membuat perhitungan sensus tersebut menjadi empat kali lebih cepat. Hollerith adalah salah satu pendiri International Business Machine (IBM). Pada tahun 1930-an, Howard Aiken mengembangkan Mark I (sebuah komputer penghitung) yang dibuat oleh IBM. Mark I menggunakan relays dan komponen elektromagnetis untuk menggantikan komponen mekanis. Howard juga memperkenalkan komputer pada universitas dengan membuka program ilmu komputer pertama di Harvard University. Sejarah komputer berikutnya ada pada tifa komputer besar yang akan mempelopori komputer-komputer selanjutnya. Tiga komputer itu disebut EDVAC, ENIAC, dan UNIVAC. EDVAC adalah singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang dibuat oleh John von Neuman. Komputer ini adalah komputer pertama yang menyimpan programnya di dalam memori komputer tersebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert Jr, di University of Philadelphia pada tahun 1945. Komputer ini dinobatkan menjadi digital komputer pertama, tetapi komputer ini mempunyai masalah yang sangay besar, lebar dari komputer ini adalah 167 m, dan beratnya lebih dari 27.000 kg. Sedangkan UNIVAC ( Universal Automatic Computer) yang juga dibuat oleh Eckert dan Mauchly, tetapi kali ini di bawah perusahaan Rand Corporation. Keunggulan dari komputer ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis industri.

Pada tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, Walter Houser Brattain, John Barder dan Wiliam Bradford Shockley mengembangkan transistor yaitu sebuah alat yang bisa berfungsi sebagai tombol listrik. Setelah ditemukannya transistor tersebut, maka timbullah intergrated circuits, yaitu sebuah chip silicon yang berisi transistor-transistor dan komponen-komponen elektris lainnya yang ditemukan oleh Jack Kilby dan Robert Noyce. Integrated circuits semakin lama semakin mengecil, dan akhirnya menjadi microprocessor yang bisa menampung jutaan transistor. Dengan adanya penemuan ini, maka komputer akhirnya bisa menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer kecil ini disebut juga dengan istilah personal computer (PC). PC pertama adalah Altair 8800 yang diproduksi oleh Micro Instrumentaiton Telemetry Systems. Altair 8800 menggunakan prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu yang banyak memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan $395. Komputer pertama ini memberikan ide dengan perusahaan lain untuk membuat aplikasinya, seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Profram for Micro prosesor) dan versi pertama program bahasa Microsoft Basic (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code).

Pada saat ini, perkembangan sistem operasi canggih seperti Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan manusia, ini bisa dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue (sebuah supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia karena komputer tersebut adalah hasil dari suatu program yang dibuat oleh manusia untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer mempunyai kemampuan untuk belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Itulah sedikit gambaran dari masa depan kita.

Peluang Kerja
Lima belas tahun yang lalu, belum banyak orang yang menggunakan komputer. Sekarang komputer tidak bisa dilepaskan dari kegiatan kita sehari-hari. maka lulusan komputer dan teknik informatika sangat dibutuhkan diberbagai sektor diantaranya :

* Programmer
o Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana IF sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dsb.
* Software Engineer / Web engineer
o Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan, dan sebagainya.
* System analyst dan system integrator
o Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak
* Konsultan IT
* Database Engineer / Database Administrator
o Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data suatu instansi atau perusahaan.
* Web Engineer / Web Administrator
o Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas yang berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan maintenance untuk website tersebut dan mengembangkannya.
* Computer network / Data Communication Engineer
o Bertugas merancang aristektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan

Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana IF juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.
Dunia Informatika berbeda dengan manajemen atau akuntansi (atau bahkan teknik yang lain) dimana apa yang dipelajari sama dengan yang selama ini dilihat atau diketahui, kebanyakan orang hanya mengetahui dan mengidentikkan dunia informatika dengan program dan komputer, tapi jarang mengetahui apa yang ada di baliknya, yaitu bahwa kecanggihan komputer itu disusun dari komponen-komponen logika yang terdapat dalam suatu software atau hardware. Dan karena itu adalah hal yang baru maka jadilah mahasiswa kebingungan dan merasa sulit !
Apakah informatika itu sulit? sama sekali tidak! paling tidak informatika masih lebih mudah dari rumus-rumus matematika saya sewaktu kelas III SMA (rumus dimensi tiga, persamaan tingkat tinggi) atau persamaan-persamaan kimia. Dan yang paling menyenangkan untuk saya adalah informatika itu lebih mudah dari mata pelajaran IPS karena saya tidak suka menghafalkan, jika anda sudah menguasai dasarnya (logika IF, WHILE, OR, AND, dsb) kemudian anda ingin menguasai C++, Pascal, Delphi, PHP, Java, dsb itu sangat mudah dan hanya tinggal mempelajari perbedaan penggunaannya saja. Analoginya seperti misalnya membuat surat, kalau saya sudah tahu bagaimana cara membuat surat memakai mesin ketik, dan saya ingin belajar menggunakan Microsoft Word atau OpenOffice atau notepad, maka saya hanya perlu belajar cara penggunaannya

Jaringan Komputer

Kuliah Jaringan Komputer diberikan agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar komunikasi data elektronik mulai dari ketersediaan media sampai pengembangan aplikasi-aplikasinya. Pemahaman tentang berbagai media komunikasi data elektronik diberikan agar mahasiswa mampu memilih sesuai dengan kebutuhan dan aplikasi yang dituju.
Acara perkulihanan diberikan dalam bentuk pembelajaran klasik di kelas disertai aktivitas simulasi komunikasi data untuk mengapresiasi berbagai algoritma yang diterapkan. Di luar kelas, mahasiswa diharapkan memperkaya pengetahuan dari sumber-sumber informasi di perpustakaan dan Internet serta forum-forum diskusi elektronik.
Setelah mengikuti kuliah, mahasiswa dapat menentukan teknologi komunikasi data yang tepat untuk mengimpelemtasikan jaringan komputer untuk suatu aplikasi dengan memperhatikan ketersediaan teknologi, biaya, efektivitas dan efisiensi operasionalnya.

ROBOT

Konstruksi Robot
Robot memiliki berbagai macam konstruksi. Diantaranya adalah :
Robot Mobile ( bergerak )
Robot Manipulator ( tangan )
Robot Humanoid
Flying Robot
Robot Berkaki
Robot jaringan
Robot Animalia


Kata “robot” diambil dari bahasa Ceko (Chech), yang memiliki arti “pekerja” (worker).Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, baik dibawah kendali dan pengawasan manusia, ataupun yang dijalankan dengan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu atau kecerdasan buatan (artificial intelligence). Jika sebelumnya robot hanya dioperasikan di laboratorium ataupun dimanfaatkan untuk kepentingan industri, di negara-negara maju perkembangan robot mengalami peningkatan yang tajam, saat ini robot telah digunakan sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak saja dibidang sains, tapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti di bidang kedokteran, pertanian, bahkan militer. Secara sadar atau tidak, saat ini robot telah “masuk” dalam kehidupan manusia sehari-hari dalam berbagai bentuk dan jenis. Ada jenis robot sederhana yang dirancang untuk melakukan kegiatan yang sederhana, mudah dan berulang-ulang, ataupun robot yang diciptakan khusus untuk melakukan sesuatu yang rumit, sehingga dapat berperilaku sangat kompleks dan secara otomatis dapat mengontrol dirinya sendiri sampai batas tertentu. Sejauh ini, belum ada data yang dapat memberikan kepastian mengenai kapan robot, sebagai teknologi, mulai dikembangkan di Indonesia. Namun mulai tahun 80-an, kebijakan nasional dalam pengembangan riset teknologi telah memberikan dukungan pada litbang permesinan otomatis dalam rangka mencermati dan menunjang Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki minat dan kemampuan untuk menguasai teknologi robot. Salah satu wujud konkretnya adalah dikembangkannya sejumlah laboratorium, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB, Industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI. Sejak dikembangkannya sejumlah laboratorium tersebut, beraneka macam permesinan otomatis / robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi, serta dikomersilkan oleh berbagai industri, baik industri strategis maupun industri lainnya di Indonesia. Bahkan dalam pengembangan robot terbaru saat ini, telah dikembangkan jenis robot yang memiliki kemampuan untuk mengontrol seluruh sistem operasi suatu pabrik. Sejak tahun 80an, pendayagunaan dan pemanfaatan permesinan otomatis telah dilakukan terutama melalui sejumlah industri strategis, diantaranya: PT PINDAD (sistem, peralatan, dll.), PT LEN Industri (IT, perangkat lunak, komputasi), PT Bharata dan PTBBI (pengecoran presisi untuk membuat bagian-bagian mesin), dll. Disamping itu, PT DI dan PT PAL, yang merupakan pengguna mesin otomatis, telah menguasai pengetahuan mengenai operasionalisasi robot untuk teknologi pesawat terbang dan teknologi perkapalan. Kontes Robot Indonesia pertama kali diselenggarakan oleh Depdiknas tahun 1990. Bahkan salah satu perwakilan dari Indonesia, yaitu tim B-Cak dari PENS-ITS telah berhasil mencapai prestasi yang spektakuler, yakni dengan keluar sebagai Juara Pertama pada Asia Pasific Broadcasting (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Tokyo, tahun 2001. Pada tahun 2001, Kementerian Ristek bersama dengan Depdiknas telah mempromosikan juara Kontes Robot Indonesia dalam pameran Ristek tahunan yaitu RITECH EXPO (Research, Inovation, Technology Expo) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta. Dalam pameran tersebut terlihat respon positif dan antusiasme dari masyarakat. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan pada 384 responden diantara yang hadir dalam pameran tersebut, umumnya mereka menganggap teknologi robot sebagai sesuatu yang mengasyikkan (exciting), dinamis (dynamic), mengagumkan (wonderful),menarik (interesting), namun masih ada beberapa diantara responden yang menganggap teknologi robot sebagai sesuatu yang asing dan baru (newly). Menjelang Kontes Robot Indonesia 2004, Kementerian Ristek bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional - Fakultas Teknik Universitas Indonesia telah menyelenggarakan semiloka (seminar dan lokakarya) dengan tema "Peluang dan Tantangan Teknologi Robot di Indonesia". Semiloka ini diselenggarakan dengan tujuan mempertemukan pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pengembangan teknologi robot, agar para stakeholders tersebut dapat saling berbagi informasi terbaru dan berbagi pemahaman mengenai isu-isu teknologi robot yang sedang berkembang saat itu. Sasaran yang ingin di capai dengan semiloka ini adalah terdifusinya teknologi robot ke kalangan masyarakat yang lebih luas. Yang menjadi sasaran dalam semiloka tersebut adalah difusi teknologi robot pada kalangan masyarakat yang lebih luas. Dengan diselenggarakannya seminar ini, diharapkan kalangan mahasiswa dapat memperoleh informasi mengenai kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah serta kebutuhan industri dalam pemanfaatan dan pendayagunaan robot. Disisi lain, pihak industri bisa mendapatkan informasi dan gambaran mengenai pemanfaatan dan pendayagunaan robot untuk keperluan dan kepentingan industry, serta prospek dan kemampuan yang para mahasiswa dalam mengembangkan teknologi robot.

Aksi Robot Penumpas Teroris
Pemanfaatan robot yang paling menghebohkan akhir-akhir ini tentu saja terjadi ketika penggerebekan teroris di Dusun Beji, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Robot penjinak bom tersebut berjalan perlahan melintasi halaman dan menyelinap ke dalam rumah target. Robot ini mampu mengambil gambar, video bahkan memindahkan benda. Dengan pergerakannya membopong kamera, robot ini memuluskan langkah polisi dalam membekuk orang yang bersembunyi dalam rumah di tengah ladang jagung yang berhawa dingin tersebut, yang diduga sebagai mastermind dari serangkaian tindakan terror yang terjadi di Indonesia selama satu dekade terakhir. Robot yang digunakan ketika itu didatangkan khusus dari Israel dengan harga yang cukup tinggi, harga per unitnya bisa mencapai 1 Milyar Rupiah. Namun demikian, sebenarnya Estiko Rijanto, seorang peneliti di Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), telah berhasil menemukan dan merakit robot penjinak bom, yaitu Mobil Robot LIPI yang diperkenalkannya pada tahun 2006. Robot lokal itu bernama Morolipi. Menurut MenRisTek, Kusmayanto Kadiman, robot tersebut mungkin belum bisa digunakan karena masih tahap pengembangan. Morolipi, unit mobil robot berlengan penjepit yang memiliki kemampuan memotong putus kabel yang juga robotik, diciptakan setelah diadakannya sebuah seminar tentang minimnya menyampaikan keluhannya akan minimnya tingkat peluang keselamatan dalam menangani serangan bom di Bali pada 2002. Dari seminar yang sama, Estiko juga mengetahui adanya keluhan dari anggota Gegana mengenai masalah perawatan robot-robot impor yang mereka miliki yang cenderung rumit dan membutuhkan biaya yang tinggi. Menurut Estiko, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Mekatronik di kantornya yang berbasis di Bandung, Jawa Barat, jika hasilnya sesuai dengan yang diharapkannya nantinya, harga Moropoli hanya separuh dari produk sejenis buatan luar negeri yang hampir mencapai angka 1 Miliar Rupiah per unit. Morolipi diproyeksikan lebih unggul karena fleksibel untuk dilakukan revisi, lanjut Estiko . Perkembangan teknologi robot memang memiliki peran yang sangat penting di bidang militer. Tidak hanya di darat, seperti yang kita lihat dalam peristiwa di Temanggung itu, pemanfaatan teknologi robot juga terjadi pada pesawat-pesawat nirawak yang berperan sebagai mata-mata, bahkan agen serbu yang siap mengorbankan dirinya menggantikan nyawa personel.

PERKEMBANGAN ROBOT SEKARANG

Perkembangan sekarang
Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.

Masalah teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin dapat menyelesai Masalah teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas adalah kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang tetap kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik mungkin dapat menyelesaikan masalah ini. Robot Online UJI dari University Jaume I di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan yang berlaku dalam bidang ini.
Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua perusahaan khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area yang berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis atau kimiawi antar perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan pembaca cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk tugas-tugas ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden dahulunya spesialis Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain mencoba membuat kaki kepiting yang dapat bergerak dan tersambung penuh.
Robot bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut "nanomotor" dan "kawat cerdas" diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan.

PEMROGRAMAN SISTEM dan PEMROGRAMAN APLIKASI

Pemrograman sistem dan pemrograman aplikasi
Pemrogram komputer umumnya dikelompokkan atas dua kelompok utama yaitu pemrogram aplikasi dan pemrogram sistem. Pemrogram aplikasi menulis program untuk menangani sebuah tugas khusus seperti program untuk melacak persediaan barang dalam suatu organisasi. Pemrogram sistem menulis program yang berfungsi untuk memelihara dan mengendalikan perangkat lunak sistem komputer seperti sistem operasi dan sistem manajemen basis data. Pemrogram sistem membuat program yang menentukan bagaimana jaringan komputer, komputer dan CPU bekerja.


Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

SISTEM OPERASI JARINGAN

Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.
Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
Microsoft MS-NET
Microsoft LAN Manager
Novell NetWare
Microsoft Windows NT Server
GNU/Linux
Banyan VINES
Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris


emrogram komputer atau pemrogram saja atau pengembang perangkat lunak adalah profesi yang menulis program menggunakan bahasa pemrograman seperti Perl, C++, Python, VB dll.

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi Berdasarkan skala :
Personal Area Network (PAN)
Campus Area Network (CAN)
Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
Global Area Network (GAN)
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Topologi bus
Topologi bintang
Topologi cincin
Topologi mesh
Topologi pohon
Topologi linier
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
- Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
- Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
- Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
- Jaringan MAN Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
- Jaringan WAN Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
- Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
-Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data
- Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).